- Daerah

Dandim HST dan Babinsa Ikuti ToT dengan Kementan

Up2date.id, BARABAI- Dandim 1002/HST, Letkol Inf Fery Perbawa.S. bersama para Babinsa mengikuti mengikuti Zoom Meeting Training of Trainer (ToT) dengan Kementerian Pertanian RI di Ruang Data Makodim 1002/HST. Kamis (2/5).

Grand Opening Pelatihan ToT yang mengusung tema “Gerakan Antisipasi Darurat Pangan Nasional”, secara ceremonial dibuka oleh Menteri Pertanian, Dr Ir H Andi Amran Sulaiman, M.., yang diwakili  Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian. Prof Dr Ir Dedi Nursyamsi, MAgr.

Kepala Badan PPSDMP membuka acara secara resmi dan dalam arahannya mengatakan, kondisi global saat ini terkait Pangan tidak biasa – biasa saja. Pasalnya, saat ini Kita tengah mengalami krisis Pangan secara signifikan bahkan menyebabkan stunting.

“Di Indonesia sejak Febuari tahun lalu hingga Maret tahun ini, Kita mengalami fenomena alam. yakni elnino atau kemarau berkepanjangan yang tentunya berdampak pada sektor Pertanian, terutama Padi.

“Sehingga, keadaan tersebut memaksa Kita untuk impor beras dari negara luar,” kelas Kepala Badan PPSDMP

Agar tidak ketergantungan dengan negara luar, lanjutnya, solusinya, Kita kudu Swasembada Pangan terutama terhadap makanan pokok, yakni Beras.

“Untuk itu, Kita memerlukan Air melalui pengairan atau irigasi karena pertanian, tanaman dan ternak sangat membutuhkan Air. Dengan stock beras yang berkurang signifikan, maka mau tidak mau, suka tidak suka, mari Kita tingkatkan produktifitas dengan Peningkatan Areal Tanam (PAT),“ tegasnya

Sebagai informasi, secara off line Pelatihan ini dilakukan di BBPP Binuang, Kalimantan Selatan, sedangkan secara on line melalui via Zoom Meeting yang digelar tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk Kodim 1002/HST mengirimkan Serda Tajuddin, Babinsa Koramil 1002-07/Batu Banawa, sebagai perwakilan,

Pelatihan TpT ini dibagi menjadi 3 Kelompok, yakni Kelompok Dasar, Kelompok Inti dan Kelompok Penunjang. Draft materi yang disampaikan di antaranya kebijakan antisipasi darurat Pangan melalui Optimasi Lahan, Pompanisasi dan tumpang sisip padi gogo, pendampingan penyuluh hingga rencana tindak lanjut.(ril/foto: pendim).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *