- Daerah

Ribuan Jemaah Hadiri Haul ke-6 Abah Guru Asri

Up2date.id, SAMPIT- Bupati Kotim, H Halinnoor bersama ribuan jemaah hadiri haul ke-6 Al Amallah Al Alimullah H Muhammad Asri atau Abah Guru Asri bin H Ounder di Desa Babaung, Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur( Kotim), Kamis (18/4).

Haul ke-6, Al Mukarram Abah Guru Asri meskipun dimulai Kamis(18/4), namun sejak Rabu (17/4) sore para jemaah dari berbagai daerah sudah berdatangan ke lokasi acara tersebut. Bahkan mereka ada yang menginap di lokasi itu. Acara haul Akbar Abah Guru Asri yang dimulai Kamis(18/4) sekitar pukul 08:00 WIB sampai dengan selesai, ribuan jemaah terus berdatangan  Sampai-sampai lokasi parkir kendaraan baik roda dua maupun roda empat memadati sekitaran jalan menuju pelabuhan perhubungan  tersebut.

Antusias serta khidmatnya jemaah keacara haul itu, karena turut hadir Al Habib Ahmad Hanafi Hariri Bahasyim, yang juga penceramah kondang, dari Kota permata Intan Martapura, Kalimantan Selatan( Kalsel).

Bupati H Halikinnoor, tiba di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan( MHS), Samuda, sekitar pukul 08:49 WIB. Bupati mampir ke kediaman Rusliansyah atau yang familiar disapa Tiyi, jalan Pahlawan H Umar Hasyim,  Kelurahan Basirih Hilir dengan bersilaturahmi sekaligus halabihalal dalam suasana lebaran IdulFitri 1445 hijriah. Kebetulan yang lebih dahulu tiba Al Habib Ahmad Hanafi Hariri Bahasyim. Kemudian tak berselang lama, Bupati beserta rombongan juga datang dan bertemu.

Usai saling bertemu beberapa saat, kemudian Al Habib Hanafi Hariri Bahasyim pamit lebih dahulu melanjutkan penyeberangan ke lokasi acara haul tersebut. Kemudian disusul Bupati. Sebelum beranjak, Bupati menyempatkan bertemu warga Samuda yang rumahnya hangus karena dampak dari kebakaran.

Musibah kebakaran ditahun 2024 ini, sedikitnya ada 4 buah rumah ludes. Sekitar dua hari yang lalu ada 1 rumah di Desa Samuda Kecil dan sekitar beberapa bulan lalu ada 3 rumah di Desa Basirih Hulu.

Bantuan berupa uang, sembako beserta perlengkapan peralatan dapur, langsung diserahkan  Bupati kepada korban kebakaran, guna mengurangi beban keberlangsungan hidup mereka yang kena dampak musibah tersebut.

Kemudian dilakukan foto bersama dengan si korban kebakaran, didampingi Kepala Desa, Camat MHS  Samuda, Dinas Sosial.kotim.

Usai penyerahan bantuan itu, Bupati kemudian melanjutkan penyeberangan ke Ke kecamatan Pulau Hanaut menggunakan taksi klotok yang telah dipersiapkan panitia dari pelabuhan Perhubungan DLLAJ/DLLSD Samuda, menuju pelabuhan Desa Babaung tempat acara haul Akbar tersebut.

Sementara penjagaan di arus sungai Mentaya dan sekitarnya yang dilewati ribuan jemaah haul selalu terus dipantau oleh petugas dari BPBD Kotim, Dishub Kotim, Polsek Jaya Karya, Polsek Pulau Hanaut, Pos Airud dan Pos Al Samuda. (um/foto:ist)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *