- Ekonomi & Bisnis

Bola PD 2022 Qatar Ternyata dari Madiun

up2date.id, MADIUN- Bisa jadi tidak banyak yang tahu. Ternyata bola untuk Piala Dunia Qatar yang digelar mulai  Senin 21 November hingga Minggu 18 Desember 2022, berasal dari Jawa Timur (Jatim).

Al Rihla, nama resmi bola untuk olahraga paling populer di dunia ini, diproduksi PT Global Way Indonesia (GWI) di Kabupaten Madiun.

Adidas mempercayakan pembuatan bola resmi Piala Dunia kepada pabrik yang berlokasi di Jalan Raya Pilangkenceng, Kecamatan Pilangkenceng tersebut.

“Semoga di Piala Dunia selanjutnya, bukan cuma bola, Tapi Timnas Indonesia juga bisa berlaga. Amiin ya rabbal alamin,” kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, saat melepas 50.000 bola piala dunia ke lima negara, Kamis (16/6).

Baca Juga: FIFA Rilis Kota Penyelenggara PD 2026

Tujuan ekspor bola produksi PT GWI, antara lain Uni Emirat Arab, Jerman, Inggris, Amerika Serikat dan Brazil. Kapasitas produksi pabrik tersebut, mencapai 1 juta bola per tahun.

Dilepasnya ekspor 50.000 bola ke lima negara ini, ditandai dengan pemecahan kendi oleh Khofifah bersama Bupati Madiun, Ahmad Dawami Ragil Saputro dan GM Long Way Group, Jeftha Wardojo.

“Alhamdulillah,  kita semua bahagia dan bangga. Dari Bumi Kampung Pesilat, Kabupaten Madiun, menghadirkan produksi bola kualitas Piala Dunia dan siap dilepas ekspor,” ujar Khofifah.

Sementara, Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro, mengaku baru mengetahui PT GWI ini memproduksi bola untuk internasional dan memiliki pabrik dengan standar internasional. (yob/foto: pemprovjatim)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.