- Olahraga

Vietnam Kubur Ambisi Indonesia di Piala AFF

Up2date.id, HANOI-  Timnas Vietnam kubur ambisi Indonesia di Piala AFF 2022 setelah leg II semifinal  di Stadion My Dinh, Senin (9/1), menang 2-0. Gol Vietnam dicetak Nguyen Tien Linh (3’ dan 47’).

Dengan hasil ini, Geruda, julukan Timnas Indonesia, gagal melaju ke babak final. Sebab agregat skor akhir 0-2, lantaran laga leg I di SUGBK berakhir dengan skor 0-0.

Di awal babak pertama, Vietnam mencoba menekan pertahanan Indonesia. Hasilnya, mereka bisa mencetak gol cepat pada menit ke-3. Berawal dari umpan panjang Do Hung Dung di lini tengah, berhasil dimanfaatkan Nguyen Tien Linh setelah kolos dari kawalan Jordi Amat. Skor 1-0 untuk tuan rumah.

Timnas Indonesia berusaha tidak terpengaruh dengan gol tadi. Mereka tetap memainkan permainan sembari membangun penyerangan dari bawah.

Kedua tim pun saling berebut bola di tengah lapangan. Skuad Garuda masih kesulitan menembus kotak penalti The Golden Stars.

Peluang tercipta pada menit ke-24 melalui permainan dari kaki ke kaki hingga kotak penalti lawan. Dendy Sulistiawan yang memegang bola tampak disikut. Namun tidak dianggap pelanggaran.

Vietnam kembali dapat peluang berbahaya di menit ke-29. Beruntung, tendangan Nguyen Hoang Duc masih bisa ditepis Nadeo. Di luar itu, laga semakin berlangsung keras.

Terjadi insiden di menit ke-34 tatkala Saddil Ramdani “memasang” kaki ke Doan Van Hau. Di sisi lain, Van Hau terus memprovokasi para pemain Timnas.

Laga keras terus berlangsung hingga menit-menit akhir. Timnas Indonesia pun masih kesulitan menembus ketatnya pertahanan lawan dan provokasi mereka.

Di awal babak kedua, mimpi buruk kembali datang ke gawang Timnas Indonesia. Tepatnya di menit ke-47, Vietnam berhasil menggandakan keunggulannya lewat sundulan Nguyen Tien Linh dengan memanfaatkan bola hasil sepak pojok. Skor berubah menjadi 2-0.

Tertinggal dua gol, Timnas Indonesia tak tinggal diam. Mereka pun mendapat peluang untuk memperkecil ketertinggalan lewat tendangan bebas Marc Klok di luar kotak penalti. Namun bola masih bisa diamankan kiper Vietnam.

Shin Tae-yong kemudian melakukan sejumlah pergantian pemain. Asnawi Mangkualam dan Saddil Ramdani ditarik digantikan Witan Sulaeman dan Ricky Kambuaya.

Meski demikian,  Timnas Indonesia masih kesulitan mencetak gol, Shin Tae-yong kembali membuat perubahan di skuadnya. Dia memasukkan dua striker sekaligus, Ilija Spasojevic dan juga Muhammad Rafli.

Namun begitu, Timnas Indonesia masih kesulitan mencetak gol karena rapatnya pertahanan Vietnam. Skor 0-2 untuk keunggulan Vietnam pun terus terjaga hingga akhir laga, sekaligus mengubur ambisi Timnas Indonesia melaju ke final. (yob/foto:ant)

Susunan pemain, Vietnam: Dan Vang Lam, Doan Van Hau, Nguyen Thanh Chung, Que Ngoc Hai, Ho Tan Tai, Bui Tien Dung; Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Quang Hai; Pham Tuan Hai, Nguyen Tien Linh.

Indonesia: Nadeo Arga Winata, Jordi Amat, Fachruddin Aryanto (C), Rizky Ridho, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Yakob Sayuri, Marc Klok, Marselino Ferdinan, Saddil Ramdani, Dendy Sulistyawan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *