- Olahraga

Malan Ini di My Dinh, Garuda Tentukan Nasib

Up2date.jd, HANOI-  Timnas Indonesia vs Vietnam di leg II semifinal Piala AFF 2022, dihelat di Stadion My Dinh, Hanoi. Senin (9/1) malam. Pertandingan disiarkan langsung RCTI pukul 19:30 WIB.

The Golden Star, julukan Timnas Vietnam, mendapat keuntungan tampil di kandang setelah bermain imbang tanpa gol ketika Garuda, julukan Timnas Indonesia, menjadi tuan rumah, Jumat (6/1).

Selain itu, Shin Tae-yong juga belum pernah mengalahkan Park Hang-seo selama keduanya menukangi Indonesia dan Vietnam. Hasilnya, dua kemenangan dari empat laga untuk Vietnam.Sedang dua laga lainnya berakhir imbang.

Pada leg pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jordi Amat dan kolega masih belum bisa mengalahkan Vietnam. Namun ada hal positif dari permainan itu, yakni formasi 3-4-3 yang digunakan Shin Tae Yong.

Tiga bek di jantung pertahanan, yakni Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, dan Rizky Ridho tampil solid. Sementara Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan, maju-mundur di sisi sayap. Begitu pula dengan Rahmat Irianto dan Marc Klok yang mampu menjaga keseimbangan di lini tengah dengan baik.

Formasi tersebut berhasil meredam eksplosivitas serangan Vietnam. Meski sang lawan memiliki penguasaan bola 56 persen, mereka kesulitan untuk menciptakan peluang di lini pertahanan Indonesia.

Buktinya, sepanjang 90 menit, mereka hanya bisa menembakkan empat tendangan dan hanya satu yang mengarah ke gawang yang dijaga Nadeo Argawinata.

Selain itu, taktik tersebut terbilang efektif karena Timnas Indonesia bermain lebih cair dan mampu menciptakan cukup banyak peluang. Mereka melakukan delapan percobaan. Namun finishing masih menjadi masalah dengan hanya dua di antaranya yang mengarah ke gawang.

Keputusan yang dibuat Shin Tae-yong untuk mencadangkan Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri berjalan baik. Yakob Sayuri, Marselino dan Dendy Sulistyawan sangat apik saat melakukan pressing di lini depan, sehingga aliran bola dari lini belakang ke lini tengah Vietnam tak mengalir begitu saja dengan nyaman.

Trisula Indonesia itu pun punya kecepatan yang sangat baik untuk melancarkan serangan balik dengan memanfaatkan umpan-umpan lambung dari lini tengah dan juga belakang. Sayangnya, penyelesaian akhir yang kurang bagus jadi penyebab tak mendapat satu gol pun di Jakarta.

Shin Tae-yong berpotensi menggunakan formasi yang serupa pada leg kedua kontra Vietnam ini. Mengingat partai tandang tersebut, Indonesia akan dipaksa bertahan lebih dulu dengan mengandalkan serangan balik.

Terlebih, Indonesia hanya membutuhkan satu gol untuk bisa meraih kemenangan atas Vietnam. Jika bisa mencetak gol dan laga berakhir imbang, mereka juga bisa unggul selisih gol tandang untuk lolos ke partai final.

Oleh karena itu, juru taktik asal Korea Selatan itu kemungkinan besar bakal menggunakan formasi dan juga pemain yang sama seperti di leg pertama untuk bisa mengambil hasil positif di markas Pasukan Park Hang Seo dalam leg kedua ini. (yob/ilust: ist)

Up2date.id, Hanoi, Piala AFF 2022, Semifinal, Leg !!, Indonesia, Vietnam

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *