- Regional

PLN Berjibaku Percepat Penormalan Suplai ke Kalteng

Up2date.id, PALANGKA RAYA- Akibat pohon tumbang yang menimpa Tower Transmisi usai hujan dan angin disertai petir yang menerjang sebagian wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng), menyebabkan terhentinya pasokan listrik pada Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV) pada Jalur Transmisi Kasongan – Parenggen – Sudan,  Selasa (11/10) malam.

Akibat kondisi demikian, Manager Komunikasi PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN UIW Kalselteng), Winardi, menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan PLN di Provinsi Kalteng.

“Kami sangat menyesal atas kejadian tidak terduga ini, sehingga mengakibatkan terhentinya suplai listrik sebagian pelanggan PLN. Adapun informasi yang dapat kami sampaikan saat ini terkait penyebab gangguan sistem kelistrikan, dikarenakan indikasi gangguan transmisi.” Jelasnya, Rabu (12/10).

Menurut Winardi, saat ini petugas PLN sedang berjibaku mengupayakan dengan cepat penanganan gangguan sistem kelistrikan yang terjadi,. Secara bertahap, saat ini sistem kelistrikan yang disalurkan pada SUTT 150 KV sedang dalam tahap penyesuaian sistem, selanjutnya PLN akan segera menyalurkan suplai listrik kepada pelanggan.

“Saat ini Petugas PLN sedang berjibaku melakukan penyesuaian sistem kelistrikan kembali, secepatnya saat suplai kembali normal, suplai ke pelanggan akan segera tersalurkan kembali,” tandas Winardi.

Tantangan yang dihadapi petugas PLN dalam proses penormalan, menurut Winardi, sangat berat. Karena kondisi di beberapa lokasi transmisi berkontur rawa gambut serta dalam kondisi banjir. Sehingga petugas PLN terkendala melakukan penelusuran dan recovery gangguan.

Untuk mempercepat recovery, PLN telah menerjunkan 3 Tim Pemeliharan, dan 1 Unit Tim Khusus Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), serta berkoordinasi dengan BNPB Kalteng untuk bantuan. Karena akses menuju lokasi Transmisi terdampak yang harus ditempuh melalui jalur rawa sejauh 4 Kilometer (Km) dalam kondisi banjir.

Sekaligus, PLN telah menyiapkan suplai cadangan melalui Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Baamang yang terletak di Kabupaten Kotawaringin Timur, dan PLTD Kumai di Kotawaringin Barat, guna meminimalisir dampak akibat padam gangguan tersebut.

Winardi juga mohon doa dan dukunganpPelanggan agar proses percepatan penormalan suplai listrik dapat segera terselesaikan.

“Karena PLN berkomitmen akan menangani gangguan sistem kelistrikan ini secepat mungkin,” imbuhnya. (yob/iluts: ist)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *