- Nasional

KIPP IKN Mulai Dibangun, Termasuk Kantor Menko

Up2date.id, JAKARTA– ┬áMenteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, meninjau langsung proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Terdapat sejumlah titik yang ia tinjau tahapan pembangunannya, terutama di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Adapun saat ini terdapat 8 titik pembangunan di KIPP yang sedang difokuskan untuk dibangun.

“Titik pembangunan tersebut meliputi Hunian Pekerja Konstruksi, Gedung Kementerian Koordinator 1, Gedung Kementerian Koordinator 2, Gedung Kementerian Koordinator 3, Gedung Kementerian Koordinator 4, Istana Negara dan Lapangan Upacara, Penataan Sumbu Kebangsaan Tahap 1 dan Rumah Tapak Jabatan,” jelas Suharso dalam salah satu unggahan Instagramnya (@suharsomonoarfa), Selasa (24/1), sebagaimana dilansir dari laman detik.com.

Dalam unggahan tersebut, ia kembali menjelaskan proses pembangunan Istana Negara dan lapangan upacara telah dimulai pada November 2022 dan ditargetkan selesai pada Oktober 2024 mendatang. Proses pembangunan ini dijalankan PT Wijaya Karya.

Sementara proses pembangunan gedung dan kawasan kantor kementerian koordinator 1 telah dimulai pembangunannya sejak Desember 2022 dan ditargetkan selesai pada Oktober 2024.

Proyek ini telah dijalankan PT Wijaya Karya Bangunan Gedung. Lingkup pekerjaan berupa bangunan gedung kantor Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan investasi, infrastruktur dan penataan Kawasan.

Sedang untuk pembangunan gedung dan kawasan kantor kementerian koordinator 2 akan dimulai pada Januari 2023 dan ditargetkan selesai pada Oktober 2024.

Proyek ini nantinya akan dijalankan PT Ciriajasa Engineering Consultants. Lingkup pekerjaan berupa bangunan gedung kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, infrastruktur dan penataan kawasan.

Berikutnya, pembangunan gedung dan Kawasan kantor kementerian koordinator 3 telah dimulai pada Desember 2022 dan ditargetkan selesai pada Desember 2024. Proyek ini telah dijalankan PT Virama Karya. Lingkup pekerjaan berupa bangunan gedung kantor Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan HAM, infrastruktur dan penataan Kawasan. (dtk/foto: pupr)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *